Jumat, 12 April 2013

atribut inovasi dan tingkat inovasi


ATRIBUT  INOVASI DAN TINGKAT ADOPSI


PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pendidikan saat ini menghadapi berbagai tantangan dan persoalan, diantaranya adalah : Bertambahnya jumlah penduduk yang sangat cepat dan sekaligus bertambahnya keinginan masyarakat untuk mendapatkan pendidikan, berkembangnya ilmu pengetahuan yang modern, berkembangnnya teknologi yang modern dan semakin berat lagi dirasakan jika persoalan datang baik dari dalam maupun luar sistem pendidikan itu sendiri diantaranya adalah: Sumber-sumber yang makin terbatas dan belum dimanfaatkannya sumber yang ada secara efektif dan efisien.Sistem pendidikan yang masih lemah dengan tujuan yang masih kabur, kurikulum belum serasi, relevan, suasana belum menarik dan sebagainya. Pengelolaan pendidikan yang belum mekar dan mantap, serta belum peka terhadap perubahan dan tuntutan keadaan baik masa kini maupun masa akan datang. Masih kabur dan belum mantapnya konsepsi tentang pendidikan dan interpretasinya dalam praktik. Dari semua masalah diatas untuk menghadapinya diperlukan gagasan-gagasan baru atau ide-ide baru dalam pendidikan yang dinamakan inovasi pendidikan.
Secara sederhana inovasi adalah pembaharuan atau perubahan ditandai dengan adanya hal yang baru. Upaya untuk mencari hal yang baru itu diantaranya untuk memecahkan suatu permasalahan yang dihadapi seseorang atau sekelompok orang. Dengan demikian suatu idea atau temuan baru jika tidak menyelesaikan suatu masalah tidak bisa dklasifikasikan sebagai  suatu inovasi. Inovasi sebagai suatu gagasan atau ide yang diterima sebagai sesuatu hal yang baru oleh seseorang atau sekelompok untuk diadopsi.Gagasan ini bisa cepat dan lambat diterima masyarakat tergantung berbagai hal.
            Dalam kehidupan sehari-hari setiap orang seringkali bertanya mengapa orang lain (atau dirinya sendiri) menunjukkan suatu perilaku tertentu. Pertanyaan-pertanyaan  ini mencerminkan beberapa hal yang ingin dijawab oleh teori atribusi. Teori atribusi adalah teori tentang bagaimana manusia menerangkan perilaku orang lain maupun perilakunya sendiri dan akibat dari perilakunya yang dipertanyakan, misalnya : sifat-sifat, motif, sikap, Untuk memperjelas kaitan antara inovasi dengan cepat lambatnya proses penerimaan (adopsi) akan berhubungan dengan atribut inovasi. Inovasi ini  akan cepat menyebar atau diterima oleh adopter tergantung pada karakteristik inovasi itu sendiri dan kebutuhan adopter. Namun menurut Zatman,Ducan dan Holbel bahwa cepat atau lambatnya diterima oleh masyarakat dipengaruhi oleh atribut inovasi. Sehingga dalam makalah ini penulis akan membahas atribut inovasi serta karakteritik inovasi dan tingkat adopsi.
Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas perumusan masalah yang akan dibahas definisi atribut inovasi,hal-hal apa saja yang termasuk atribut inovasi  dan tingkat adopsi serta karakteristik inovasi
Manfaat penulisan
Memberikan gambaran tentang definisi atribut inovasi,hal-hal apa yang termasuk dalam atribut inovasi dan tingkat adopsi serta karakteristik inovasi.





PEMBAHASAN
Atribut Inovasi
Atribut inovasi adalah segala sesuatu yang dapat mempengaruhi cepat lambatnya laju suatu inovasi untuk diadopsi oleh anggota sistem sosial. Atribut inovasi juga dapat diartikan sesuatu yang dapat mempengaruhi suatu inovasi diterima atau tidak oleh suatu anggota sistem sosial. Zaltman, Duncan dan Holdbek megemukakan bahwa cepat lambatnya penerimaan inovasi dipengaruhi oleh atribut inovasi sendiri. Berikut beberapa atribut inovasi menurut (Zaltman,1973: 32-50) :
1.Pembiayaan (cost), Cepat lambatnya penerimaan inovasi dipengaruhi oleh pembiayaan pada awal penggunaan ataupun pembiayaan untuk pembinaan selanjutnya.Walaupun diketahui pula bahwa biasanya tingginya pembiayaan ada kaitanya dengan kualitas inovasi itu sendiri .Misalnya penggunaan modul di sekolah dasar.
2.Balik moda (Return to investmen), Atribut ini hanya ada pada inovasi dibidang perusahaan dan industri.Untuk pendidikan atribut ini sukar dipertimbangkan karena hasil pendidikan tidak dapat diketahui nyata dalam waktu singkat.Suatu inovasi akan mudah dilaksanakan kalau hasilnya dapat dilihat sesuai dengan modal yang dikeluarkan
3.Efisiensi, Inovasi akan cepat diterima jika pelaksanaanya dapat menghemat waktu dan terhindar dari berbagai macam hambatan.
4.Resiko dan ketidakpastian (Risk and Uncertainty), Untuk penyebaran inovasi perlu mempertimbangkan resiko yang akan terjadi, misalnya kaitan antara pembangunan perumahan harus mempertimbangkan dampak dari lingkungan sekitar
5.Mudah dikomunikasikan (Communicability), Artinya sutu inovasi akan cepat diterima adopter jika mudah dikomunikasikan dan disebarluaskan.
6.Kompatibilitas (Compatibility), Suatu inovasi akan cepat diterima jika sesuai dengan kebutuhan, keyakinan, norma, pengalaman masa lalu  tentang inovasi, pendidikan dan tingkat ekonomi penerimanya. Keadaan dimana suatu inovasi dipandang konsisten dengan nilai-nilai yang ada, pengalaman masa lalu, dan kebutuhan potensil adopter, atau inovasi itu dipandang sesuai dengan nilai social yang ada.
7.Kompleksitas (Complexity), Jika inovasi sukar atau sulit dimengerti maka akan sulit penyebaranya. Tingkat kesukaran ini meliputi konsep dan cara menggunakanya. Misalnya inovasi penggunaan modul disekolah akan lebih cepat diterima dari pada penggunaan computer disekolah, karena penggunaan computer lebih kompleks dari pada penggunaan modul.
8.Status Ilmiah (Scientific status), Jika inovasi memenuhi syarat ilmiah maka akan mudah diterima kebenaranya oleh masyarakat .Inovasi yang berstatus ilmiah akan memenuhi syarat kehandalanya (reliaable),valid dan dapat digunakan. Perlu ditambahkan bahwa tidak semua inovasi berstatus ilmiah tentu cepat diterima, demikian pula sebaliknya tidak semua inovasi yang bersifat tidak  ilmiah  tentu ditolak. Hanya inovasi yang bersifat ilmiah mempunyai pengaruh terhadap kecepatan penyebarannya.
9.Kadar keaslian(point of origin), Pada dasarnya masyarakat menyukai barang yang asli dengan dasar pemikiran barang yang asli kualitasnya lebih baik.Namun jika kita lihat dari sudut pandang yang lain barang tiruan kadang justru lebih menarik misal karena bentuknya yang lebih indah atau harganya yang relatif murah.
10. Dapat dilihat kemanfaatanya(Perceived relatif advantage), Inovasi yang dapat didemonstrasikan baik cara menggunakanya maupun hasilnya, akan tampak kemanfaatanya bagi penerima, sehingga  akan cepat diterima.

11.Dapat dilihat batas sebelumnya, suatu inovasi akan makin cepat diterima oleh masyarakat apabila dapat dilihat batas sebelumnya.misalnya awalnya dalam suatu sekolah digunakan terlebih dahulu modul pelajaran matematika, artinya sudah dicoba modul matematika terlebih dahulu secara utuh tetapi belum pada bidang studi lain. Setelah bidang studi matematika berhasil baik, maka di cobakan pada bidang studi yang lain.
12.Keterlibatan sasaran perubahan, inovasi dapat mudah diterima oleh masyarakat apabila warga masyarakat diikutsertakan dalam setiap proses  yang dijalani.
13.Hubungan interpersonal, jika hubungan interpersonal baik maka dapat mempengaruhi temanya untuk menerima inovasi. Dengan hubungan yang baik orang yang menentang akan menjadi bersikap lunak, orang yang simpati akan menjadi tertarik dan orang yang tertarik akan menjadi simpati.
14.Kepentingan umum dan pribadi (publicness versus privateness), Inovasi yang bermanfaat untuk kepentingan umum akan lebih cepat diterima daripada inovasi yang ditujukan pada kepentingan sekelompok saja.
15.Penyuluh Inovasi (gatekeepers)  Untuk melancarkan hubungan dalam usaha mengenalkan inovasi kepada organisasi sampai organisasi mau menerima inovasi diperlukan sejumlah orang yang diangkat menjadi penyuluh inovasi.Misalnya penyuluh KB.
Dengan berbagai macam atribut inovasi  dapat mempengaruhi cepat atau lambatnya penerimaan suatu inovasi. Dengan memahami atribut tersebut para pendidik dapat menganalisa inovasi pendidikan yang sedang disebarluaskan, sehingga dapat memanfaatkan hasil analisisnya untuk membantu proses penerimaan inovasi.
Karakteristik inovasi
Suatu inovasi jika didifusikan kepada calon adopter, maka yang dilakukan oleh calon adopter adalah melakukan penilaian atas karakteristik dari inovasi tersebut setelah mereka memiliki pengetahuan yang cukup mengenai inovasi tersebut. Penilaian tentu saja dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya setelah calon adopter memperoleh informasi yang cukup mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan inovasi. Penilaian yang dilakukan oleh calon adopter didasarkan kepada persepsi masing-masing, dan sangat dipengaruhi oleh latar belakang pribadi dan sosialnya.Persepsi adopter terhadap sesuatu biasanya berkenaan dengan keuntungan relatif, kesesuaian, kerumitan, kemudahan diamati, dan kemungkinan dicoba dari inovasi.
Cepat atau lambatnya penerimaan inovasi oleh masyarakat  dipengaruhi oeh karaktristik inovasi itu sendiri misalnya penyebarluasan penggunaan kalkulator dan blue jean dalam waktu 1 sampai 5 tahun sudah merata keseluruh Amerika Serikat sedangkan penggunaan sabuk pengaman bagi pengendara mobil baru tersebar merata sampai beberapa puluh tahun. Everette M Rogers (1993:14-16) mengemukakan karakteristik inovasi yang dapat mempengaruhi cepat atau lambatnya penerimaan inovasi, sebagai berikut:
1.Keuntungan Relatif, yaitu sejauh mana inovasi dianggap menguntungkan bagi penerimanya.Tingkat keuntungan atau kemanfaatan suatu inovasi dapat diukur berdasarkan nilai ekonominya atau mungkin dari faktor status sosial(gengsi), kesenangan, kepuasan atau karena mempunyai komponen yang sangat penting. Makin menguntungkan bagi penerima makin cepat tersebarnya inovasi.
2.Kompatibel (compatibility) ialah tingkat kesesuaian inovasi dengan nilai (values), pengelaan lalu dan kebutuhan dari penerima.Inovasi yang tidak sesuai dengan nilai atau norma yang diyakini oleh penerima tidak akan diterima secepat inovasi yang sesuai dngan norma yang ada.Misalnya penyebarluasan penggunaan alat kontrasepsi di masyarakat yang keyakinan agamanya melarang penggunaan alat tersebut.maka tentu saja penyebaran inovasi akan terhambat.
3.Kompleksitas(complexy) ialah tingkat kesukaran untuk memahami dan menggunakan inovasi bagi penerima.Suatu inovasi yang mudah dimengerti  dan mudah digunakan oleh penerima akan cepat tersebar,sedangkan inovasi yang sukar dimengerti atau sukar digunakan oleh penerima akan lambat proses penyebaranya. Misalnya  masyarakat pedesaan yang tidak mengetahui tentang teori penyebaran bibit penyakit melalui kuman diberitahu oleh penyuluh kesehatan agar membiasakan memasak air yang akan diminum karena air yang tidak dimasak jika diminum dapat menyebabkan sakit perut.Tentu ajakan ini sukar diterima .Makin mudah dimengerti suatu inovasi akan makn cepat diterima oleh masyarakat.
4.Trialiabilitas (trialibility), ialah dapat dicoba  atau  tidaknya suatu inovasi oleh penerimanya. Suatu inovasi yang dicoba akan diterima oleh masyarakat dari pada inovasi yang tidak dapat dicoba lebih dulu.Misalnya penyebarluasan penggunaan bibit unggul padi gogo akan cepat diterima oleh masyarakat jika masyarakat dapat mencoba menanam dan dapat melihat hasilnya.
5.Dapat diamati(observability), ialah mudah tidaknya diamati suatu hasil inovasi dengan berbagai macam atribut inovasi yang dapat mempengaruhi cepat atau lambatnya penerimaan suatu inovasi. Misalnya penyebarluasan bibit unggul padi karena petani dapat dengan mudah melihat hasilnya yang baik, maka dengan mudah petani memutuskan menggunakan bibit unggul padi tersebut.
Tingkat Adopsi
Tingkat adopsi adalah kecepatan yang relatif dimana sebuah inovasi diadopsi oleh anggota dari sistem sosial.
  • Inovasi dipengaruhi keputusan dari individu yang biasanya diadopsi dengan cepat dari pada sebuah inovasi yang diadopsi oleh organisasi.
  • Evaluasi inovasi oleh individu berasal dari pengalaman pribadi, persepsi, serta jaringan antar individu mengarahkan proses difusi dan menentukan tingkat adopsi inovasi.
Tingkat adopasi dipengaruhi oleh
(a) jenis keputusan inovasi (opsional, kolektif atau atas dasar otoritas),
(b) jenis saluran komunikasi yang digunakan,
 (c) norma, sifat kesalingterhubungan individu, dst. dalam komunitas adopter dan
 (d) upaya agen perubahan.
Selain itu, ditemukan bahwa: sampai tingkat kesadaran inovasi mencapai 20-30% tingkat adopsi rendah, sedangkan setelah ambang tersebut tingkat kesadaran dan tingkat adopsi meninggi dan overadopsi adalah fenomena inovasi diadopsi padahal menurut para ahli sebaiknya tidak diadopsi.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Adopsi
Memprediksi keinovativan memperkirakan atau meramalkan suatu penyebaran inovasi di masa yang akan datang. Prosedur statistik yang dikembangkan untuk menganalisis dan menjelaskan varian dalam suatu variabel terikat dalam kaitannya dengan berbagai variabel bebas adalah korelasi ganda. Tujuan utama korelasi ganda adalah untuk memprediksi varian maksimum dalam variabel terikat yang dalam hal ini adalah keinovativan. Variabel prediktor yang paling banyak diteliti dan dihubungkan dengan keinovativan adalah atribut inovasi. Bagaimanapun hasil-hasil penelitian tersebut dapat dimanfaatkan untuk memprediksi kecepatan adopsi inovatif. Beberapa pendekatan yang berguna untuk membantu memprediksi keinovativan antara lain adalah melalui :
1. Ekstrapolasi dari kecepatan adopsi inovasi di masa lampau untuk inovasi lain di masa depan
2. Mendiskripsikan inovasi hipotesis pada adopter yang berpotensi dan menilai atributnya untuk memprediksi kecepatan adopsi
3. Dengan penelusuran penerimaan suatu inovasi pada tahap sebelum difusi atau ketika dalam ujicoba. Tidak ada satu teknik pun yang paling sempurna untuk memprediksi kecepatan adopsi suatu inovasi di masa depan. Penelitian tentang prediksi keinovativan akan lebih berguna jika diarahkan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempegaruhi keputusan inovasi oleh individu. Selain variabel prediktor di atas ada beberapa hal yang berdasarkan pengalaman dapat digunakan untuk memprediksi keinovativan, yaitu masalah penamaan inovasi dan posisi penempatan inovasi atau ‘positioning’, serta usaha agen pembaharuan.
            Dalam dunia pendidikan banyak sekali inovasi-inovasi yang bermunculan.Tetapi beberapa inovasi tidak bisa diterapkan dengan baik contohnya pada kurikulum  KBK, adanya pelajaran TIK .Kenyataan  dilapangan ada beberapa sekolah yang berada diluar perkotaan tidak menjalankanya.Untuk tahun ini saja akan diterapkan kurikulum 2013,semua sekolah harus menggunakan kurikulum ini.Dalam kurikulum ini semua mata pelajaran ada unsur TIK  nya.Maka bisa diprediksikan kurikulum ini akan lama laju difusinya secara sempurna mengingat keterbatasan sarana dan sumberdaya ditambah lagi kurang ratanya pendidikan.
           
KESIMPULAN
Atribut inovasi adalah segala sesuatu yang dapat mempengaruhi cepat lambatnya laju suatu inovasi untuk diadopsi oleh anggota sistem sosial. Atribut inovasi juga dapat diartikan sesuatu yang dapat mempengaruhi suatu inovasi diterima atau tidak oleh suatu anggota sistem sosial.Cepat lambatnya penerimaan inovasi oleh masyarakat dipengaruhi oleh karakteristik inovasi itu sendiri.Rogers mengemukakan lima macam karakteristik inovasi yaitu: keuntungan relatif, kompatibel, kompleksitas, triabilitas dan dapat diamai. Dan demikian juga dengan atribut inovasi mempengaruhi cepat atau lambatnya penerimaan suatu inovasi.Tingkat adopsi dipengaruhi oleh  jenis keputusan inovasi (opsional, kolektif atau atas dasar otoritas),  jenis saluran komunikasi yang digunakan,  norma, sifat kesalingterhubungan individu dalam komunitas adopter dan upaya agen perubahan.




DAFTAR PUSTAKA

Everette M. Rogers. 1983 .  Diffusion of   Innovation. New  York: The Free  Press A Division of Macmilan Publishing Co.Inc
Gerald  Zaltman,   Robert Duncan,  Johny  Holbek. 1973. Innovation and Organization .A. Willey –Interscience  Publication  John  Willey and  Sons  ,New York.London ,Sydney, Toronto
Udin Syaefudin. 2008.  Inovasi Pendidikan. Bandung: Alpabeta.